Allah SWT Memuji Bulan Ramadhan - Karena Dia Telah Memilihnya Diantara Semua Bulan "( Edisi : Membaca/ Tadarus Alquran)

Agus Sulanto
0
Metroaktual news com 
KABUPATEN TASIKMALAYA.(25/03/2023). *Rasulullah SAW. bersabda: “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Alquran) maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lâm mîm satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mîm satu huruf.” (HR At-Tirmidzi).
Salah satu amalan Ramadan yang diperintahkan saat bulan penuh pahala ini adalah membaca Al-Quran. Itulah mengapa di bulan suci ini kita kerap kali melihat dan mendengar orang-orang yang membaca Al-Quran secara bersama di masjid. Baik itu setelah menunaikan sholat tarawih maupun setelah sholat subuh.
.
Bulan suci Ramadan adalah bulan mulia yang dinantikan oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia. Terdapat banyak keistimewaan di bulan suci Ramadan, sehingga banyak umat muslim yang berlomba-lomba untuk mengumpulkan amal dan mencari kebaikan dengan berbagai macam cara di bulan yang penuh barakah ini. Diantara banyaknya keutamaan membaca Al-Qur’an di bulan Ramadan.

7. Keutamaan membaca Al-Quran di bulan Ramadan.
1. Mendapatkan ketenangan
Allah SWT berfirman dalam surat Al-Isra ayat 82:

نُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلَّا خَسَارًا
Artinya: Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.
Al-Qur'an diturunkan sebagai obat segala macam penyakit kejiwaan. Sehingga membaca Al-Qur'an setiap hari dapat mendatangkan ketenangan jiwa.

2. Pahala berlipat ganda.
Di dalam Al-Qur'an mengandung banyak kebaikan. Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf." (HR. Bukhari).

3. Ditempatkan di tempat terbaik
Seorang yang rajin membaca Al-Qur'an dan menghafalnya akan ditempatkan bersama malaikat-malaikat pencatat yang patuh kepada Allah dan selalu berbuat kebaikan.
Menurut al-Qurthubi sebagaimana dikutip dalam kitab Fathul Bârî, yang dimaksud mahir di sini adalah orang yang cerdas, maksudnya, hafalan dan tajwidnya sama-sama mempunyai kualitas bagus, tidak perlu mengulang-ulang. Sehingga kita sangat dianjurkan untuk terus belajar membenahi bacaan Al-Qur'an.

4. Dihadiri malaikat
Rumah yang penghuninya selalu membaca Al-Qur'an saat bulan Ramadhan atau hari-hari biasa lainnya akan dihadiri oleh malaikat. Penghuni rumah akan merasakan bahwa rumahnya menjadi luas.

5. Diangkat derajatnya oleh Allah SWT
Allah SWT akan mengangkat derajat orang-orang yang selalu membaca Alquran dan mempelajari isi kandungannya serta mengamalkannya setiap hari.

6. Terbebas dari aduan Rasulullah SAW di hari kiamat.
Memperbanyak membaca Alquran akan mengantarkan kemudahan ketika kita menghadap Allah SWT.

7. Mendapatkan pertolongan di hari kiamat.
Keutamaan membaca Alquran dengan tartil akan mendapatkan syafaat (pertolongan) pada hari Kiamat.

Allah SWT memuji bulan Ramadhan di antara bulan-bulan lainnya, karena Dia telah memilihnya di antara semua bulan sebagai bulan yang padanya diturunkan Al-Qur'an yang agung.
Bulan Ramadhan tidak bisa didapatkan pada bulan-bulan lainnya, seperti misalnya malam seribu bulan atau kerap disebut dengan Lailatul Qadar. Di bulan Ramadhan, setiap amalan ibadah akan dilipatgandakan oleh Allah SWT karena bulan ini penuh dengan keberkahan.

Kesimpulan : Tadarus Al-Quran merupakan kegiatan membaca Al-Quran secara bersama-sama atau sendiri selama bulan Ramadhan. Bisa dilakukan di masjid, mushola dan rumah, hal ini merupakan salah satu mendapatkan keberkahan bulan Ramadhan. 

Sesuai dengan firman Allah SWT dalam Surat Al-Baqarah, ayat 185.
Yang artinya,’…Bulan Ramadhan adalah bulan yang ada di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran’. Orang yang mengajarkan mengaji saja bisa mendapatkan ridho dan pahala yang dilipatgandakan oleh Allah SWT sesuai dengan sabda Rasulullah SAW. Yang artinya : Sebaik-baiknya kamu, adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkan kepada orang lain.

Sumber : Berbagai Literatur Pengetahuan Islam Dan Pustaka Pribadi.
(Semoga bermanfaat.)

Iwan Singadinata.
#kominfokabupatentasikmalaya
#humaskabupatentasikmalaya

( Ajat )
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)