Sekilas Ringkas Makna & Keutamaan Yang Penting Puasa Di Bulan Ramadhan "(Edisi : Menjelang Puasa Ramadhan).

Agus Sulanto
0
"
Metroaktual news com 
KABUPATEN TASIKMALAYA.(20/03/2023). Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan ampunan bagi umat Islam. Itulah mengapa datangnya bulan Ramadhan selalu disambut dengan antusias oleh seluruh umat Muslim di dunia, termasuk di Indonesia.

Banyak Makna Yang Penting Puasa Di Bulan Ramadhan, oleh karena itu untuk memperdalam ilmu agama, perlu mengetahui makna bulan Ramadan bagi umat Islam.
Bagi umat Islam yang pertama adalah bulan yang penuh dengan kesabaran. Saat bulan Ramadhan, umat Muslim diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh.
1) Puasa adalah sarana menggapai ketakwaan. 2) Puasa adalah sarana mensyukuri nikmat. 
3) Puasa melatih diri untuk mengekang jiwa, melembutkan hati dan mengendalikan syahwat. 4) Puasa memfokuskan hati untuk berdzikir dan berfikir tentang keagungan dan kebesaran Allah.

Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan untuk Meningkatkan Kinerja.
Ibadah puasa memiliki banyak keutamaan baik untuk diri sendiri maupun untuk menjalankan habluminanas serta habluminallah. Hikmah menjalankan ibadah puasa berkaitan erat dengan amalan yang dijalani, tidak terbatas hanya dengan menahan lapar dan dahaga, namun berkaitan pula dengan menjalankan amalan ibadah lainnya, seperti bersedekah, itikaf, membaca Al-Qur’an, shalat tarawih, menghindarkan diri dari perbuatan yang haram, serta kegiatan lain dalam kehidupan ini.

Selain itu dalam menjalankan ibadah di bulan ramadhan, kita harus patuh pada waktu sahur dan buka. Kita bangun untuk makan sahur saat dini hari dan diharapkan dapat meningkatkan motivasi bahwa kita bekerja dengan bangun lebih pagi, agar mendapatkan rejeki yang halal. Kaum muslim dan muslimah agar dapat menjalankan shaum dengan tetap kuat dan sehat di siang hari, perlu mengatur ritme bekerja agar tubuh mendapatkan istirahat yang cukup.

Bagi Pegawai Negeri Sipil atau ASN dan Non ASN, menjalankan ibadah puasa memiliki banyak keutamaan baik untuk diri sendiri maupun hubungan sesama manusia serta hubungan dengan Allah SWT.  Hikmah menjalankan ibadah puasa berkaitan erat dengan amalan puasa yang dijalani, tidak terbatas hanya dengan menahan lapar dan dahaga, namun berkaitan pula dengan menjalankan amalan ibadah puasa Ramadhan lainnya, seperti bersedekah, itikaf, membaca Al-Qur’an, shalat tarawih, menghindarkan diri dari perbuatan yang haram, serta kegiatan lain dalam kehidupan ini.

Tujuan dari puasa Ramadhan adalah melatih diri kita agar dapat menghindari dosa-dosa di hari yang lain di luar bulan Ramadhan. Kalau tujuan tercapai maka puasa berhasil. Akan tetapi, jika tujuannya gagal maka puasa  tidak memiliki arti apa-apa. Dengan demikian kita menjadi terbiasa berorientasi kepada tujuan dalam melakukan segala amal ibadah termasuk kegiatan rutin yang kita jalani sesuai  dengan tugas dan fungsinya masing-masing untuk menghasilkan kinerja yang baik.

Seperti diketahui setiap langkah kaki menuju masjid merupakan ibadah, menolong orang juga ibadah, berbuat adil pada manusia juga ibadah, tersenyum pada saudara termasuk ibadah, membuang duri di jalan juga ibadah, sampai tidurnya orang yang berpuasa merupakan ibadah, sehingga segala sesuatu yang baik kita jalankan  dapat dijadikan ibadah. Demikian halnya dengan para pegawai seusai tugas dan fungsinya dengan baik juga termasuk ibadah, sebab menjalankan ibadah puasa diharapkan kita mengetahui bahwa tiap kegiatan merupakan amal ibadah dalam kehidupan ini.

Keutamaan-keutaman puasa di bulan Ramadhan begitu banyak. Jika kita bertemu dengan Ramadhan betapa beruntungnya kita, karena di bulan itu segala amalan akan dilipatkan ganjarannya.
Menurut beberapa keterangan, ada banyak keutamaan bulan Ramadhan. Keutamaan tersebut sudah dijelaskan dalam beberapa hadis.
Ramadhan yang merupakan bulan penuh keberkahan ini tentunya menjadi salah satu bulan yang ditungggu-tunggu.

Sumber : Dari Berbagai Literatur Pengetahuan Islam Dan Pustaka Pribadi.

Nasum: Iwan Singadinata.
#kominfokabupatentasikmalaya
#humaskabupatentasikmalaya

( Ajat )
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)