PKBM Nurul Fata Dongkrak Kemajuan IPM Bidang Pendidikan

Agus Sulanto
0

Cianjur, Metro Aktual 

Keberadaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) diharapkan bisa ikut mendongkrak akselerasi Indeks Pembangunan Manusia (IPM)  Bidang Pendidikan di Kabupaten Cianjur. 

Pasalnya, PKBM banyak menampung masyarakat yang mengalami putus sekolah alias drop out.
Seperti di PKBM Nurul Fata di Kampung Babakan RT 01/03, Desa Maleber, Kecamatan Karang tengah , Sejak didirikan pada Tahun 2014, PKBM Nurul Fata sekarang sudah terakreditasi dengan nilai B.
"Sekarang PKBM kami mengalami peningkatan," kata Kepala PKBM Nurul Fata, Deni Abdul Kholik, Senin 23 September 2024
Selain membuka PKBM di induk atau pusat, tutur Deni, pihaknya juga membuat kelompok belajar di masing-masing desa. Saat ini terdapat empat kelompok belajar di masing-masing desa. Mereka belajar balai desa, aula pondok pesantren, maupun di kantor lembaga non pemerintah.
"Sejak berdiri , alhamdulillah banyak masyarakat
putus sekolah yang mendaftarkan diri ke PKBM Nurul Fata. Keberadaan kami semata-mata untuk membantu meningkatkan IPM Kabupaten Cianjur," kata Deni.
Selain menyediakan program kesetaraan pendidikan, tutur Deni, PKBM Nurul Fata juga menyiapkan keahlian yaitu kursus komputer.
"Kami mengajarkan keterampilan program komputer," tegasnya.
PKBM Nurul Fata akan melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) bagi siswa Paket B dan C tahun depan. "UNBK sudah dilaksanakan dan berjalan dengan lancar" tandasnya.

( Marwan Yusup )
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)