Bimtek Pemungutan Suara, Tungra dan Penerapan 'Sirekap' Digelar KPU Sumedang

Agus Sulanto
0
Metroaktual News com 
Sumedang, Rabu, 23 Oktober 2024 | 10:40 WIB
Kordiv Teknis Penyelenggaraan Pemilu dan Kordiv Perdatin KPU Sumedang memimpin langsung Bimtek Pemungutan, Perhitungan dan penerapan aplikasi Sirekap di Hanjuang Hegar Cimalaka Sumedang Rabu 23 Oktober 2024 
 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk mempersiapkan pemungutan dan penghitungan suara, serta rekapitulasi hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, serta Bupati dan Wakil Bupati Sumedang tahun 2024. 


Acara yang bertempat di Aula Hotel Hanjuang Hegar Cimalaka Sumedang itu diikuti oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Sumedang pada Rabu, 23 Oktober 2024.
Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kabupaten Sumedang, Iyan Sopian, menjelaskan bahwa tujuan Bimtek adalah agar PPK memahami aturan mengenai pemungutan dan penghitungan suara.
 "Kami berharap PPK dapat membimbing Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam melaksanakan tugas mereka, mengingat titik akhir pemungutan dan penghitungan suara dilaksanakan oleh KPPS," ujarnya.

Iyan menekankan pentingnya pemahaman yang mendalam mengenai tahapan pemungutan suara, penghitungan, dan rekapitulasi di tingkat kecamatan. 
"Setelah Bimtek ini, PPK diharapkan mampu memberikan bimbingan kepada PPS dan KPPS agar proses pemungutan dan penghitungan suara berjalan lancar sesuai dengan mekanisme yang ada," katanya.


Sementara itu, Asep Wawan, Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Sumedang, menambahkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk memastikan peserta Bimtek memahami secara komprehensif tata cara pemungutan suara, penghitungan, serta rekapitulasi yang akan menggunakan sistem aplikasi Sirekap, sama seperti pada Pemilu serentak di tahun 2020 sebelumnya.
"Dengan Bimtek ini, diharapkan semua pihak terkait dapat berkontribusi dalam kelancaran proses pemilihan yang demokratis dan transparan," ujarnya

(Edy ms).
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)